30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari


Pashakun.com - 30 Langkah SEO WordPress untuk Meningkatkan Rangking Web di Mesin PencariJika ingin meningkatkan rangking situs di mesin perayap, karena itu mau tidak mau Anda harus ketahui dan kuasai segalanya mengenai SEO. Untungnya, WordPress telah ‘mempersenjatai dirinya' jadi CMS yang SEO-friendly. Ini pulalah sebagai argumen kenapa beberapa orang pilih WordPress untuk bikin dan mengonlinekan web mereka.

Ada beberapa hal yang dapat Anda kerjakan untuk membenahi dan tingkatkan SEO. Berikut kami uraikan 30 panduan berkaitan langkah SEO WordPress.

Naikkan rangking web Anda di mesin perayap dengan service hosting dari Hostinger. Peroleh penawaran terbatas dengan potongan harga sampai 90%!

1. Install Plugin SEO WordPress

WordPress tawarkan banyak feature SEO yang built-in. Meskipun begitu, Anda tetap dapat mengoptimalkan situs dengan tingkatkan SEO WordPress. Plugin SEO terbaik dan terbanyak dipakai ialah Yoast SEO, dan plugin berikut yang Hostinger pakai.

Terdapatnya plugin ini mempermudah Anda untuk memaksimalkan tiap halaman dan posting dengan kata kunci dipilih. Disamping itu, plugin ini tawarkan built-in analysis yang berdasar pada up-date terkini algoritam. Bahkan juga Anda bisa juga membuat sitemap XML dan menambah schema markup ke situs.

Untuk setting Yoast, masuk di dasbor WordPress dan tentukan Plugins > Add New. Di kolom penelusuran, tuliskan Yoast SEO dan click Install Now pada plugin, berikut di bawah ini.

Click Activate selekasnya sesudah ada pemberitahuan. Saat ini plugin telah diaktifkan dan Anda dapat mengaksesnya dengan mengeklik simbol SEO di menu samping kiri.

2. Penelitian Kata kunci (Kata Kunci)

Dengan lakukan penelitian kata kunci, langkah SEO WordPress Anda akan sukses. Sudah pasti penelitian kata kunci memungkinkan Anda untuk:

- Membuat content yang kerap dicari beberapa pengunjung situs.

- Pahami kemauan dan keperluan pasar dengan lebih bagus.

- Mencari kesuksesan content yang Anda catat.

- Pahami langkah tingkatkan pengunjung web dan meningkatkan trafik ke situs.

Banyak tool ada untuk menolong Anda lakukan penelitian kata kunci, salah satunya ialah KWFinder, SEMRush, dan Google Kata kunci Planner.

Walau bermacam posting bisa dicatat cuman berdasar penelitian kata kunci saja, ada banyak hal fundamental yang perlu Anda kenali:

- Buat daftar sasaran kata kunci yang berkaitan dengan topik.

- Masukan sasaran kata kunci itu ke tool penelitian kata kunci untuk cari kata kunci yang mempunyai volume penelusuran tinggi dan nilai kompetisi rendah.

- Penelitian pesaing dengan searching beberapa situs sama lewat tool penelitian kata kunci untuk memeriksa kata kunci yang dipunyai oleh pesaing. Tentu saja mencari kata kunci yang bawa trafik banyak ke situs pesaing.

- Mencari kata kunci punya pesaing yang nilai saingnya rendah hingga Anda dapat bersaing dengan gampang.

Berkaitan penelitian kata kunci, Anda dapat membaca dua artikel (dengan bahasa Inggris) berikut ini:

- Langkah Lakukan Penelitian Kata kunci.

- Penelitian Kata kunci untuk SEO.

Sesudah usai membuat daftar keyword, waktunya membuat dan memaksimalkan content.

3. Aktifkan Search Engine Visibilitas

Dalam WordPress, ada pilihan built-in yang rupanya sembunyikan kehadiran situs Anda dari mesin perayap.

Di awal pengerjaan web, pilihan ini bermanfaat, tetapi seterusnya cuman akan mempengaruhi rangking situs. Jika dua panduan awalnya telah Anda kerjakan, tetapi belum memperlihatkan hasil, kemungkian besar Search Engine Visibilitas dimatikan.

Untuk memeriksa pilihan visibilitas ini, membuka Settings > Reading di dasbor WordPress. Scroll ke bawah dan Anda akan menyaksikan tempat atau sisi yang disebutkan Search Engine Visibilitas.

Tidak boleh berikan tanda contreng pada box yang kelihatan di screenshot. Click Save Changes.

4. Mengatur Susunan Permalink

Saat WordPress sukses diinstal untuk pertamanya kali, halaman dan posting mempunyai susunan URL yang tidak wajar. Perlu Anda kenali, susunan ini memberi nilai jelek untuk perform SEO.

Susunan URL yang paling bersih dan gampang dicari mesin perayap ialah penataan ‘post name'. Dengan menukar penataan awalnya ke penataan ini, Anda dapat masukkan judul posting atau halaman, bahkan juga kata kunci ke URL. Untuk mengganti penataan yang diartikan, membuka Settings > Permalinks.

Di bawah Common Settings, tentukan pilihan Post name.

Bila Anda telat lakukan pengubahan atau penggantian ke model penataan ‘Post name', karena itu harus Anda wajib melakukan peralihan ke URL yang lama. Anda dapat menanganinya dengan meng-install plugin Change Permalink Helper. Masukan URL lama, dan URL itu akan mengubah Anda ke URL terkini.

5. Tambah Situs ke Google Search Console

Langkah SEO WordPress selanjutnya ialah memakai Google Search Console. Tool ini akan memperlihatkan penampilan situs Anda di mesin perayap dan berikan teguran kalau-kalau terjadi error.

Untuk menambah situs ke Google Search Console, membuka halaman ini dan buat account baru dengan account Google. Click Add A Properti dan masukan URL web.

Click Add, selanjutnya Anda akan ditujukan ke monitor di mana Anda harus mengonfirmasi pemilikan situs. Ada beberapa langkah yang dapat dipakai untuk mengonfirmasi situs, tetapi langkah paling mudahnya, yakni pilih Alternate metodes, lalu HTML tag.

Tulis code yang diperlihatkan, selanjutnya masuk di dasbor WordPress. Tambah code berkaitan ke header dengan memakai plugin. Membuka Plugins > Add New, lalu mencari Insert Headers and Footers.

Install dan aktifkan plugin yang diperlihatkan di screenshot. Membuka plugin itu lewat Settings > Insert Headers and Footers.

Paste code berkaitan ke box yang memiliki label Header, lalu click Save. Paling akhir, membuka Google Webmaster Tool kembali dan click Verify.

6. Memadukan Google Analytics

Tool Google yang lain yang seharusnya Anda punyai ialah Google Analytics. Tool ini akan tampilkan seberapa jauh taktik SEO Anda sukses dengan sediakan bermacam tutorial dan artikel berkaitan langkah tingkatkan SEO WordPress dan langkah tingkatkan pengunjung web.

Untuk bikin account, membuka teras khusus Google Analytics dan daftar jadi anggota. Mencari code treking. Umumnya, code ini ada di bawah Treking Informasi > Treking Kode. Kemudian, tulis code sama seperti yang ditujukan oleh gambar berikut ini:

Bergantung pada topik, Anda langsung bisa menambah code treking Google Analytics. Bila tidak dapat, Anda bisa memakai plugin Insert Headers and Footers sama seperti yang sudah diterangkan awalnya.

Membuka plugin, lalu akses tempat header, selanjutnya paste code treking. Usai! Saat ini Anda dapat menyaksikan statistik situs. Untuk info secara lengkap, baca panduan langkah menambah Google Analytics di WordPress.

7. Menambah Sitemap ke Google

Sitemap dipakai oleh mesin perayap untuk mencari web Anda. Memang situs Anda bisa terlacak tak perlu meng-install Sitemap. Namun, ada Sitemap mempermudah mesin perayap untuk menganalisis data yang akan dicari di website Anda.

Yakinkan halaman-halaman tertentu yang tidak berperan pada peningkatan SEO tidak ‘dilacak' oleh Googe dan beri perhatian lebih dari halaman-halaman yang berperan pada perform SEO. Bila sekarang ini Anda sedang memakai plugin Yoast SEO, karena itu Anda dapat dengan gampang membuat dan menambah sitemap.

Membuka SEO > General > Fiturs. Scroll ke bawah dan aktifkan XML Sitemaps.

Click link See XML sitemap dan sitemap akan terbuka. Yakinkan bila sitemap telah terinstall.

Seterusnya, tambah sitemap ke Google. Masuk di dasbor Google Search Console dan kli Sitemaps.

Di pojok samping kanan, ada pilihan Add/Tes Sitemap. Click pilihan itu, lalu masukan URL sitemap, selanjutnya click Submit. Google akan menyaksikan dan menganalisis sitemap dengan teratur, tentu saja ini percepat proses indexing.

8. Memaksimalkan Situs untuk Piranti Mobile

Google barusan umumkan jika mereka akan menguji indeks mobile-first. Ini memiliki arti Google akan memakai perform dan fungsionalitas halaman website untuk tentukan rangking, bila diperlihatkan di piranti mobile. Oleh karenanya, bila Anda tidak memakai topik yang tidak responsive, karena itu berikut waktunya untuk mengubah topik.

Kecuali pilih topik responsive, Anda bisa juga memeriksa perform situs keseluruhannya lewat spektrum mobile. Membuka Google's mobile-friendliness tes dan masukan URL situs.

Dengan ini, Anda dapat ketahui perform situs bila dijangkau lewat piranti mobile. Selain itu, Anda bisa juga memperoleh bermacam panduan berkaitan langkah tingkatkan SEO WordPress versus mobile.

9. Naikkan Kecepatan Loading Web

Kecepatan loading web sering jadi aspek khusus dan jangan diremehkan. Web yang mempunyai waktu loading lama cuman akan memberikan dampak jelek padaa rangking situs dan kurang lebih menyebalkan pengunjung situs. Oleh karena itu, kecepatan loading halaman dipandang seperti factor pemasti rangking situs.

Turuti cara-cara tingkatkan pengunjung web dengan meningkatkan kecepatan loading situs berikut:

Mencari Baseline Number

Pertama kali, Anda harus tahu perform situs di mesin perayap. Kemudian, membuka tool GTMetrix dan akses situs Anda lewat tool itu. Dengan tool ini, Anda dapat menyaksikan angka atau jumlah perform dari situs hingga Anda ketahui mana yang perlu diperbarui dan dinaikkan.

Up-grade Paket Hosting yang Dipakai

Kadang kekeliruan komposisi dari segi server bisa mengakibatkan loading lamban. Oleh karenanya, situs hosting dengan kemampuan mencukupi penting untuk dipunyai. Untuk tingkatkan perform WordPress, kami sarankankan pemakaian WordPress hosting yang mempermudah Anda dalam mengurus web.

Memakai CDN

CDN meningkatkan kecepatan loading dengan simpan versus situs pada server di penjuru dunia . Sehingga, saat pengunjung buka situs Anda, karena itu website yang diperlihatkan ialah versus website yang paling dekat dengan posisi Anda. Integratifkan situs Anda dengan CDN gratis, seperti Cloudflare.

Pakai Plugin Caching

Plugin caching membuat file HTML statis dan bukanlah file PHP yang umumnya diperlukan untuk mengurus WordPress. Plugin ini akan meminimalkan jumlah request atau keinginan di antara server dan browser pemakai, yang sudah pasti berperanan penuh dalam turunkan kecepatan loading.

W3 Keseluruhan Cache dan WP Super Cache ialah dua contoh plugin WordPress yang terbanyak dipakai.

Memaksimalkan Media

Bila akan mengunggah gambar ke situs, karena itu Anda harus memaksimalkan gambar itu.

Di bawah ini beberapa langkah untuk memaksimalkan gambar:

- Kecilkan ukuran file dengan buka gambar lewat tool seperti TinyPNG.

- Mengatur ulangi ukuran gambar saat sebelum diunggah.

- Install plugin untuk memaksimalkan gambar,s eperti WP Smush.

10. Membenahi Link Hancur

Jumlahnya link hancur di website pasti mempengaruhi performa dan performnya. Bahkan juga link hancur mempersulit Google untuk menyaksikan dan bertandang ke situs Anda.

Langkah paling mudah untuk memeriksa link hancur di website Anda dengan buka Google Search Console dan click Crawl Errors.

Membuka tiap error yang ada. Dari sana, Anda akan tahu mana link yang hancur hingga Anda dapat melakukan perbaikan dengan gampang.

11. Tetapkan Konsentrasi Kata kunci di Tiap Posting

Walau langkah SEO WordPress untuk memaksimalkan kata kunci sudah berbeda, tetap kata kunci mempunyai peranan penting. Setiap menulis content, yakinkan ada konsentrasi kata kunci yang diputuskan.

Berikut sejumlah anjuran bila ingin memaksimalkan kata kunci:

- Tidak boleh masukkan kebanyakan kata kunci ke posting. Masukan kata kunci dengan cara alamiah atau alami.

- Bila memungkinkannya, catat kata kunci di paragraf pertama artikel.

- Pakai kata kunci di judul dan subheading artikel.

- Tambah sasaran kata kunci ke URL dan meta description.

Install plugin Yoast SEO untuk memaksimalkan kata kunci mengikuti empat panduan yang sudah kami sebut di atas.

Setiap artikel dicatat, masukan kata kunci yang diharapkan ke tool yang sudah disiapkan oleh plugin. Lewat tool ini, Anda akan memperoleh analisis lengkap berkaitan langkah memaksimalkan post dengan memakai kata kunci detil.

Analisis itu berbentuk panduan dan langkah tingkatkan SEO WordPress dan membenahi rangking situs di mesin perayap.

12. Membuat Content yang Berkualitas

Google benar-benar senang bila situs Anda tawarkan content yang berkualitas. Untuk ketahui content apakah yang disebutkan berkualitas, masukan kata kunci apa di Google dan saksikan 10 situs terbaik yang ada sebagai hasil penelusuran. Dari penelusuran itu dapat diambil kesimpulan jika ada dua persyaratan untuk content berkualitas:

- Isi content panjang dan penuhi standard.

- Content sediakan info yang diperlukan pemakai atau pengunjung situs.

Pertanyaannya, apa Anda ketahui secara benar info yang dicari dan diperlukan oleh pemakai? Sudah pasti, info ini terkait dengan kata kunci.

Di saat membuat content, Anda wajib melakukan penelitian lebih dahulu untuk cari tahu rangking satu topik dan pahami kenapa topik ini ada di rangking atas. Kadang, rangking content ditetapkan cuman dari domain saja. Tetapi, jika tiap situs mempunyai kewenangan yang serupa, karena itu isinya bisa menjadi factor pembanding.

Untuk memperoleh sudut pandang yang lebih bagus mengenai kata kunci dan apa yang dicari oleh beberapa pemakai, tanya pertanyaan ini dalam diri Anda:

- Apa pemakai atau pengunjung situs cari info atau content produk?

- Apa pemakai atau pengunjung situs cari artikel atau panduan dengan info yang lebih dalam? atau sekedar hanya baca artikel singkat?

- Kenapa halaman-halaman sekarang ini mempunyai rangking?

- Style content apakah yang sesuai kata kunci?

Dengan pengetahuan yang lebih bagus mengenai langkah SEO WordPress dinaikkan, ketahui halaman mana yang perlu diperbarui posisinya di mesin perayap, dan mengethui info apakah yang dicari oleh pemakai, sekarang Anda siap membuat content berkualitas.

13. Membuat Content yang Lebih Panjang


Content yang lebih panjang condong mempunyai rangking yang lebih bagus di mesin perayap. Study terkini dari Buzzsumo dan Moz merasakan bukti jika content yang lebih panjang seringkali dibagi di media sosial dan mendapatkan back-link, yang sudah pasti mempengaruhi rangking.

Study yang lain mengaitkan jika sejumlah besar content yang ada di halaman pertama Google mempunyai panjang lebih dari 2000 kata. Tetapi, bukan memiliki arti Anda harus membuat artikel atau panduan dalam jumlah sama. Banyaknya kata itu minimal jadi referensi saat membuat artikel.

Yakinkan Anda membuat artikel atau panduan yang berkualitas dan berkualitas, bukanlah berisi kalimat sembarangan untuk penuhi sasaran jumlah kata.

Konsentrasilah pada intent kata kunci. Cari info argumen kenapa pemakai cari kata kunci itu dan bukan kata kunci yang lain. Kemudian, tulislah content berkaitan untuk menjawab keperluan pemakai - dalam beberapa kasus, Anda akan menulis content dalam jumlah kata yang semakin sedikit.

14. Membuat Content dengan Topik dan Info yang Berkaitan Sejauh Periode


Content dengan topik yang berkaitan selama hidup, seterusnya disebutkan evergreen konten, menjadi salah satunya langkah SEO WordPress untuk tingkatkan trafik. Tidak perduli pada tahun berapakah content ini dijangkau, isi dan info yang tertuang didalamnya selalu dapat jadi referensi.

Sebagai contoh, artikel dengan judul The Ultimate Guide to Onsite SEO dan What You Need to Know About Google's Latest Up-date. Artikel pertama mempunyai info yang tidak lekang oleh waktu dan dapat dijangkau kapan saja, sedang artikel ke-2 berisi info yang cuman dibutuhkan dalam periode waktu tertentu. Sesudah menulis evergreen konten, bukan memiliki arti Anda lalu melupakannya dan tidak ada penyempurnaan sama sekalipun. Up-date artikel itu dengan sediakan info terbaru berkaitan topik.

Kecuali pantas untuk dibaca, evergreen konten memberi info yang berkaitan hingga Anda dapat membagikan di sosial media, mempromokannya, bahkan juga memperoleh back-link untuk content ini. Biasanya, content semacam ini akan tahan lama di halaman pertama Google.

Meskipun membuat atau menulis evergreen konten memerlukan pengabdian yang tinggi, hasil yang Anda tuai akan terbayar.

15. Tambah Link ke Web yang Berkualitas


Menempatkan link di content yang ke arah web berkualitas tidak membuat perform SEO lebih buruk, justru jadi salah satunya langkah tingkatkan SEO WordPress. Saat Anda menempatkan link yang ke arah web dengan authoritative berkualitas tinggi, karena itu Google akan tahu jika link posting itu mempunyai content yang sama sama yang berada di situs Anda. Selain itu, link ke web dengan content terbaik akan memberi nilai plus dari segi pengunjung karena mereka memperoleh tambah info.

Menambah link keluar jadi salah satunya langkah tingkatkan SEO WordPress . Sehingga, lakukan secara periodik. Selain itu, menempatkan link di content Anda pun tingkatkan integritas hingga dapat dengan gampang mendapatkan keyakinan beberapa pengunjung situs. Kelebihan link keluar yang lain ialah memungkinkannya Anda untuk dapat berkomunikasi dengan pemilik website lainnya.

Supaya pengunjung tidak automatis keluar dari halaman website, yakinkan Anda mengendalikan supaya link posting terbuka di jendela baru. Berikut cara-caranya:

Menambah Hyperlink


Untuk bikin hyperlink, highlight satu kata atau kalimat dan click tombol hyperlink.

Click simbol roda gigi atau gear yang bakal tampilkan pilihan link.

Ganti Pilihan Link


Teks box akan ada. Tentukan Open link in a new tab.

Setiap pemakai mengeklik link itu, tab akan terbuka dan pemakai tidak keluar dari halaman website Anda.

16. Interlink Content


Jika memungkinkannya, tambah link yang ke arah content lama yang diterbitkan di website Anda. Berikut kelebihan intern linking:

- Mempermudah Google bot untuk menelusuri web dan terhubung halaman dan posting secara dalam dan lengkap.
- Mengirimi link jus ke posting dan halaman yang lain di website yang kemungkinan tidak menarik link sendiri.
- Menolong Google ketahui dan pahami kerangka dari content halaman website dengan memakai hyperlink teks berkaitan.
- Membuat beberapa pengunjung situs kerasan lama-lama saat terhubung web Anda hingga bounce rate menyusut dan waktu on site dinaikkan.

Di WordPress, Anda dapat dengan gampang membuat interlink ke content yang berada di dalam website.

Kapan saja Anda tuliskan artikel, highlight sisi text tertentu dan click tombol hyperlink. Click simbol roda gigi (gear) dan tentukan pilihan link.

Pada jendela pop-up, ada daftar posting awalnya yang telah Anda catat. Pilih posting yang paling berkaitan.


17. Memaksimalkan Judul Posting dan Halaman


Heading tag yang terpenting ialah judul tag atau tag judul. Tag ini memberitahukan pada Google berkenaan situs Anda dan bisa mempengaruhi beberapa pengunjung untuk mengeklik atau tinggalkan situs Anda. Belum mengetahui yang mana diartikan dengan tag judul? Saksikan nama posting atau halaman. Nama berikut sebagai judul tag Anda.

Berikut info singkat untuk memaksimalkan judul tag:


- Menambah sasaran kata kunci pada bagian awalnya content, sama dalam judul.
- Tuliskan judul tag dalam jumlah kata sekitaran 60-70 watak.
- Tuliskan judul yang memikat hingga beberapa pengunjung tidak sangsi untuk mengeklik situs Anda.

Menulis atau menukar judul tag jadi judul yang teroptimasi secara baik dan menarik beberapa pengunjung itu gampang. Terutama bila Anda memakai plugin Yoast SEO.

Untuk engubah judul tag, membuka salah satunya posting dan scroll sampai ke bawah. Anda akan menyaksikan tempat yang disebutkan Snippet editor.

Di tempat atau sisi ini, Anda dapat mengurus dan optimasi judul SEO supaya mempunyai rangking yang bagus di mesin perayap.

18. Memaksimalkan Header Tag


Header tag memberikan gambaran singkat ke crawler bot berkenaan content di website Anda. Dengan mengaplikasikan tag ini secara detail di content, content makin lebih gampang dibaca dan bisa teroptimasi secara baik pada mesin perayap.

Biasanya, tiap post mempunyai tag H1 dan hirarkinya terdiri dari H2, H3, H4, dan sebagainya.

Tag H1 ialah judul posting Anda. Tambah sasaran kata kunci di sini. Untuk header tag yang lain, bila memungkinkannya, pakai macam dari sasaran kata kunci. Tetapi, tidak boleh menambah kata kunci kebanyakan di heading tag karena terdengarannya tidak alami.

Di WordPress editor, Anda dapat dengan gampang menambah header tags lewat drop-down menu.


19. Pakai URL yang Pendek


Makin pendek URL, karena itu makin baik di mata mesin perayap. Oleh karena itu, bila URL content Anda terlampau panjang, entahlah bagaimana triknya, Anda harus mempersingkatnya sehhingga URL itu tidak berisi banyak kelompok atau directory. Anda perlu menambah sasaran kata kunci di URL dan hapus kalimat yang lain tak perlu.

Walau tidak mempengaruhi rangking situs, URL yang panjang seperti terlihat link spam dan akan jadikan CTR rendah. Ganti permalink supaya Anda dapat mengurus susunan URL.

Berikut panduan untuk bikin URL yang SEO-friendly:


- Bila memungkinkannya, pakai URL yang cepat dan pendek. Hapus kalimat yang tak perlu.
- Tambah sasaran kata kunci di URL.
- Seharusnya judul dan URL tepat.
- URL harus dapat dibaca oleh pengunjung situs.
- Bila memungkinkannya, hapus bermacam kelompok dan folder.

Turuti panduan di atas dan ditanggung Anda dapat dengan gampang mengubah URL lewat WordPress. Di bagian pengerjaan halaman atau posting, click ubah di tempat Permalink pas di bawah judul.

20. Memaksimalkan Meta Description


Meta description berbentuk kalimat singkat di bawah judul yang ada pada hasil penelusuran. Kalimat ini memberi gambaran singkat mengenai satu content.

Meskipun tidak langsung jadi factor pemasti rangking, meta description akan meningkatkan jumlah CTR di mesin perayap . Sehingga, tulislah meta description sesingkat dan sejelas-jelasnya untuk menarik beberapa pengunjung supaya mengeklik posting Anda dan bukanlah artikel dari situs lain.

Data yang ditampilkan di mesin perayap berdasar korelasi. Tetapi, jika situs Anda mempunyai CTR yang tinggi, Google akan memandang jika web Anda mempunyai info yang berkaitan sama yang dicari oleh pemakai. Dengan begitu, rangking situs Anda automatis akan naik.

Berikut panduan dan anjuran untuk memaksimalkan meta description:


- Menambah konsentrasi kata kunci di meta description. Google akan meng-highlight kata kunci yang Anda masukan hingga bukan mustahil situs Anda ada di halaman pertama.
- Kira saja meta description ialah ad copy. Tulislah meta description yang menarik dan bagus untuk menggandeng pemakai supaya mengeklik content yang Anda posting.

21. Menambah Schema Markup


Pernah dengar mengenai Schema Markup? Atau Anda telah menambahnya di website? Pada intinya, schema markup ialah code tambahan yang menolong mesin perayap untuk mengirim data ke pengunjung situs. Dengan menambah schema markup, daftar mesin perayap akan kelihatan lebih menarik. Juga CTR akan naik dan trafik semakin banyak ke web Anda.

Beberapa topik WordPress tawarkan schema markup built-in. Untuk memeriksa apa di website Anda telah terinstall schema, aktifkan tool ini. Sebaliiknya, bila schema belum terinstall, karena itu Anda dapat memakai plugin Schema. Plugin ini gampang diatur dan secara automatis akan menambah schema markup ke situs Anda.

22. Memaksimalkan Google SERP


Saat cari satu kata kunci di Google, apa Anda pernah menyaksikan ‘kotak' yang ada pada bagian teratas hasil penelusuran? Penampilannya semacam ini:

‘Kotak' ini ada di teratas hingga kemungkinan besar satu situs akan memperoleh banyak trafik dan click. Jika content Anda telah ada di halaman pertama Google, dengan memaksimalkan SERP, Anda akan menyaksikan dua daftar pada hasil penelusuran.

Berikut langkah tingkatkan pengunjung web dengan memaksimalkan SERP:


- Tambah schema markup ke situs.
- Jawab pertanyaan yang tersurat pada keyword pada awal posting Anda.
- Atur jawaban Anda dalam pola berurut atau mungkin tidak berurut.

23. Memaksimalkan Gambar


Menambah gambar ke content ialah satu wujud langkah supaya pembaca lebih senang saat menyaksikan atau membaca content Anda. Selain itu, terdapatnya gambar pada content sanggup membuat pengunjung kerasan lama-lama sebab menganggap memperoleh keterangan yang sama dan diharapkan. Rupanya, gambar dapat dimaksimalkan sebagai salah satunya langkah SEO WordPress.

Ada tiga elemen untuk optimisasi gambar:

Gambar Judul Teks


Mesin perayap memanglah tidak menelusuri judul gambar (seterusnya gambar judul text), tetapi kurang lebih mempengaruhi kepuasan beberapa pengunjung saat menyaksikan atau membaca content Anda. Saat pemakai arahkan mouse ke gambar, gambar judul teks akan ada.

Untuk menukar gambar judul teks, membuka post editor pada gambar. Triknya, tujukan mouse pada gambar dan click simbol pensil untuk mengubah judul.

Di Advanced Options, tuliskan judul gambar.


Alt Teks


Alt teks sebagai tanda yang memberi gambaran singkat mengenai content Anda pada Google. Pada gambar paling awal yang diunggah ke posting, tambah konsentrasi kata kunci di alt text-nya. Saat itu, untuk beberapa gambar yang lain, pakai macam dari sasaran kata kunci, atau Anda bisa juga menulis deskripsi singkat.

Untuk mengganti alt teks, tujukan mouse ke gambar. Click simbol pensil untuk mengubah alt teks. Mencari kolom Alternatif Teks dan tambah konsentrasi kata kunci atau macamnya di kolom itu.


Nama File


Nama file mempengaruhi rangking gambar di penelusuran gambar Google dan sudah pasti menarik lebih beberapa pengunjung dan tingkatkan trafik.

Sejumlah besar nama file standar panjang dan memusingkan, bahkan juga ada yang tidak berkaitan dengan topik content. Oleh karena itu, saat sebelum mengunggah gambar, kenali lebih dahulu argumen kenapa harus gambar ini yang diunggah dan sasaran keywordnya. Tambah konsentrasi kata kunci (keyword yang Anda bidik) ke deskripsi singkat pada nama file gambar.

Jika Anda memakai lebih satu kata di nama file gambar, janganlah lupa untuk mengikutkan tanda penyambung. Google akan memberikan indikasi tanda penyambung ini sebagai spasi.

24. Link Affiliate No-Follow


Banak web yang memakai link affiliate untuk mendapatkan penghasilan. Link ini dipakai untuk mencari komisi di saat Anda mereferensikan satu produk, service, atau pelatihan.

Namun, memakai kebanyakan link affiliate memberikan imbas negatif di Google. Anda dapat sembunyikan link affiliate ini dan yakinkan link itu masuk di kelompok no-follow dengan aktifkan plugin Pretty Links.

Pretty Links ialah plugin yang bakal mengganti semua link yang dimasukkan jadi link unik dan tidak seperti terlihat link affiliate. Kelebihan yang lain dipunyai plugin ini ialah kekuatannya untuk mencari hingga Anda dapat menyaksikan seberapa banyak pemakai yang mengeklik link content Anda.

Untuk meng-install dan aktifkan plugin ini, membuka Plugins > Add New dan mencari Pretty Links.

Sesudah sukses diinstal dan diaktifkan, membuka Pretty Link > Options yang berada di segi kiri sidebar.

Untuk pastikan jika semua link affiliate Anda berbentuk no-follow, berikan tanda contreng pada Add nofollow to link yang berada di bawah penataan Link Standars.

Buat link baru dengan pilih pilihan Add New Link, selanjutnya masukan URL affiliate, lalu mulai membuat link.

25. Menambah HTTPS ke Situs


Langkah SEO WordPress supaya bisa kelihatan oleh Google dengan manfaatkan HTTPS. Tambah HTTPS untuk meningkatkan rangking situs di mesin perayap. Disamping itu, ada HTTPS jamin jika jaringan ke web Anda aman dan data yang dikirim antara browser dan web bisa terenkripsi secara baik.

Di bawah ini beberapa langkah yang perlu Anda kerjakan bila ingin menambah HTTPS ke alamat situs WordPress:

- Yakinkan penyuplai hosting Anda sekarang ini tawarkan service HTTPS dan SSL.
- Membeli sertifikat SSL atau peroleh di Let's Encrypt.
- Install sertifikat SSL lewat penyuplai hosting Anda.
- Check apa SSL berperan.
- Alihkan semua trafik dan link HTTP ke HTTPS.

26. Menempatkan Back-link Berkualitas


Salah satunya langkah SEO WordPress supaya mempunyai nilai di mesin perayap dengan manfaatkan back-link. Makin bagus link yang dipunyai, karena itu makin besar juga peluang situs Anda akan ada di halaman pertama. Berdasar penelitian yang dilaksanakan oleh Matthew Barby, bila satu halaman mempunyai back-link yang baik sekali dan berkualitas, karena itu posisinya akan tinggi pada hasil penelusuran.

Berikut sejumlah sistem untuk bikin back-link berkualitas di website Anda:


- Buat content berkualitas (skyscraper).
- Mencari back-link yang hancur.
- Buat content yang ego-bait.
- Buat guest post di beberapa situs terkenal.
- Kerjakan outreach link building.

Berminat untuk ketahui back-link lebih dalam kembali? Silahkan baca artikel-artikel berikut ini:


- How to Get High Quality Backlinks in 2018.
- How to Build Backlinks When You Have A Merek New Site and No Money.

27. Audit SEO


Bila tidak percaya apa situs Anda telah teroptimasi secara baik, karena itu Anda dapat mengaudit SEO. Untuk sistem ini, Anda tak perlu memeriksa halaman satu demi satu, cukup install tool auditing SEO. Tool ini akan menganalisis situs Anda lewat serangkai pengecekan. Report atau laporan akan diberi bila Anda telah optimasi SEO secara benar dan hal apa yang penting dinaikkan.

Tool auditing SEO gratis yang dapat Anda pakai sekarang ini ialah SEOSiteCheckup. Tool ini akan menganalisis bermacam 50 factor pemasti rangking onsite dan memberitahukan perform situs Anda. Tool yang lain dapat dipakai ialah Varvy SEO yang bakal memeriksa apa situs Anda searah dengan tutorial Google.

28. Memantau Profile Back-link


Dengan memantau profile back-link, Anda dapat memeriksa adakah beberapa hal yang peru dinaikkan berkaitan offsite SEO. Sama seperti yang telah disebut, back-link sebagai salah satunya factor paling penting untuk meningkatkan rangking situs . Sehingga, Anda harus memeriksanya sekerap kemungkinan.

Menyaksikan jumlahnya back-link yang ke arah situs atau content Anda memang membahagiakan. Namun, bukan jumlah back-link yang perlu diprioritaskan, tetapi kualitas dan releven atau tidaknya beberapa link itu. Makin otoritatif dan berkaitan satu website yang menempatkan back-link ke web Anda, karena itu makin bagus juga rangking situs Anda di mesin perayap.

Ada bermacam tool yang bisa menolong Anda memantau back-link. Salah satunya tool yang terbanyak dipakai ialah Ahrefs. Tool ini akan memberitahukan jumlah situs dengan back-link yang ke arah situs Anda, kualitas back-link itu, jumlah referring domain, dan ada banyak kembali. Walau premium, tool ini pantas untuk dipunyai karena sediakan beberapa data yang diperlukan.

Bila Anda cari tool yang gratis, karena itu SEOProfiler ialah jawabnya. Buat account di tool ini dan peroleh report atau laporan back-link yang mendalam keseluruhannya dan per halaman.

29. Force Google untuk Menelusuri Situs Anda


Umumnya situs Anda ditelusuri sesudah content terkini di-publish. Rupanya, ada langkah khusus supaya Google mengindeks situs Anda tak perlu menanti posting baru.

Membuka Google Search Console, lalu tentukan Crawl, selanjutnya click Fetch as Google. Masukan URL posting yang barusan Anda posting atau perbaiki dan click FETCH.

Click Request Indexing dan URL terkini Anda akan terindeks oleh Google. Terkadang proses ini tidak dapat terjadi secara instant, tetapi sudah pasti bisa lebih cepat diperbandingkan harus menanti Google mengindeks situs Anda.

30. Menarget Long-Tail Kata kunci


Kecuali niche atau topik, naiknya rangking situs di Google tergantung pada main kata kunci atau keyword khusus yang dipakai. Sejumlah besar kata kunci dipunyai oleh content website yang telah lama menempati di mesin perayap Google. Belum juga jika beberapa situs itu tertolong dengan profile back-link berkualitas.

Oleh karenanya, Anda harus memeras otak dengan menarget kata kunci yang tingkat kesusahan atau volumenya lebih kecil tapi benar-benar detil. Kata kunci seperti ini digolongkan sebagai long-tail kata kunci. Sebagai contoh, coba pikir apa yang bakal dilaksanakan pengunjung situs atau pemakai saat sebelum beli produk. Kemudian, pakai tool, misalkan KWFinder, untuk mendapatkan perkiraan atau prediksi berkenaan kesusahan dan volume penelusuran. Buat daftar pilihan kata kunci yang kira-kira menarik banyak trafik, selanjutnya publish content Anda dengan tidak lupa mengaplikasikan langkah SEO WordPress yang sudah disebut sebelumnya. Dengan begitu, trafik yang diinginkan akan dengan teratur ke arah web Anda.

Bacaan Lain


Untuk pahami lebih dalam berkenaan situs WordPress, ada beberapa hal yang perlu didalami. Berikut sejumlah artikel untuk membuat bertambah wacana Anda.

- Langkah Amankan WordPress.
- Langkah Percepat Loading Web.
- WordPress Cheat Sheet.

Ringkasan


Ada beberapa hal yang penting Anda kenali dan pikirkan bila ingin memaksimalkan situs di mesin perayap. Mudah-mudahan lewat panduan ini, Anda dapat meningkatkan rangking situs.

Kenalilah, makin besar usaha dan konsentrasi yang Anda kerahkan untuk SEO, karena itu makin pantas juga hasil yang Anda dapatkan.

Apa Anda mempunyai info berkaitan langkah tingkatkan SEO WordPress atau langkah tingkatkan pengunjung web? Tidak boleh sangsi untuk share dengan kami lewat kotak kometar berikut ini.


Pasha Kun Aku Mulai Menyukaimu Karena Kau Selalu Bersama Ku Dan Dekat Dengan Ku

Belum ada Komentar untuk "30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel